Senin, 11 Juni 2012

WORKSHOP ROBOTIK

Tanggal 27-29 April kemaren SMP dan SMA Dimsa mengikuti Workshop Robotik untuk sekolah-sekolah Muhammadiyah se-Indonesia yang diadakan Ponpes Darul Arqom Kendal.

Rombongan dari Dimsa berjumlah 9 orang, 3 guru dan 6 siswa. Ust Tri H, penulis, dan Ust Wawan. sedangkan siswa adalah Tsalis, Dwiki, Aji, Usamah, yang 2 lupa namanya. Jumlah peserta lebih dari 200 orang yang berasal dari berbagai kota di Indonesia
Selama 3 hari mendapat materi teori dan praktek tentang hardware maupun software robotik. Robot yang di berikan adalah jenis Robot Line Follower. Pemateri berasal dari ITS surabaya dengan mengeluarkan Robot Jenis ARo-X, yang merupakan robot dasar Line Follower, tapi kedepannya robot tersebut bisa dimodifikasi dengan di tambahkan sensor-sensor lain seperti sensor cahaya, Ultrasonic, panas, dll.
Karena susana yang interaktif dan menyenangkan, waktu 3 hari tanpa terasa sangat cepat berlaku. Diakhir workshop diadakan lomba kecil-kecilan untuk mempraktekan hasil robot yang dirakit dan diprogram. Kami dari Dimsa berkesempatan mendapat urutan ke 2.
Di bawah ini adalah foto-foto kami di Kendal

 
Ponpes Darul Arqom Kendal Tampak Depan


Panggung pembukaan acara Workshop dan Lomba















 Di perkebunan Jambu milik Ponpes Darul Arqom

 
Peserta sedang istirahat siang
















Penulis Sedang menunjukkan Robot ARo-X

 

Ust Tri sedang merakit Robot ARo-X
















 Peserta Siswa sedang merakit Robot Analog

 













 Instruktur dari ITS menjelaskan Track Line Follower



Peserta dari DIMSA foto bareng membawa tropi juara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar